Kamis, 19 Juli 2018

Visitasi Tim Verifikasi KUA Kecamatan Teladan Tingkat Provinsi Jawa Barat di KUA Kecamatan Ciawi

Kementerian Agama Kantor Kabupaten Bogor menetapkan Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Ciawi untuk mewakili Kabupaten Bogor dalam ajang pemilihan KUA Teladan Tingkat Provinsi Jawa Barat. Untuk dapat mewakili Jawa Barat dalam Pemilihan KUA Teladan Tingkat Nasional, KUA Ciawi harus bersaing ketat dengan dua puluh tujuh kontestan lainnya yang berasal dari dua puluh tujuh Kab./Kota yang berada di Provinsi Jawa Barat.
Untuk menjadi yang terbaik, KUA Ciawi harus berbenah diri tidak hanya pada kelayakan sarana dan prasarana tetapi pada bidang layanan masyarakat. Terlebih saat ini KUA Kecamatan termasuk KUA Ciawi di dalamnya tidak hanya melayani urusan nikah saja akan tetapi juga melayani bidang-bidang lain sebagaimana harapan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bogor, H.Dadang Ramdani, M.Si bahwa KUA Kecamatan harus menjadi miniatur Kementerian Agama di tingkat Kecamatan sebagai pusat informasi, koordinasi, dan pusat layanan masyarakat. Bidang-bidang layanan tersebut adalah :
·      Informasi Layanan Haji; Layanan Pondok Pesantren, Madrasah, Diniyah, TPQ, dan TKQ;
·      Layanan Pendaftaran Statistik Masjid, Izin Pendirian Rumah Ibadah, dan Bimbingan Keluarga Sakinah;
·      Layanan Pengelolaan Zakat dan Wakaf, Sertifikat Tanah Wakaf, dan Penyuluh Agama;
·      Layanan Kub, Kepegawaian, Keuangan, Perencanaan, dan Layanan Umum; bahkan ke depan termasuk melayani
·      Izin Pendirian RA/Madrasah, Bantuan Sarana, Bos/Bopra, Sertifikasi Guru Madrasah, dan Program Indonesia Pintar serta
·      Layanan Sertifikasi Guru PAI;
Sesuai jadwal yang ditetapkan visitasi dilaksanakan pada tanggal 19 dan 20 Juli 2018 dan Alhamdulillah hari ini (19/07) Tim Visitasi yang berjumlah 3 orang telah datang di KUA Ciawi. Observasi lapangan atau visitasi ini merupakan bagian tahapan penilaian dengan melihat secara langsung kondisi di lapangan. Tim penilai KUA Teladan dari Kanwil Provinsi Jawa Barat dapat melihat secara langsung bagaimana kondisi KUA Ciawi yang sebenarnya baik fisik maupun administrasinya. Acara visitasi KUA Teladan ini dihadiri langsung oleh Kasi Urais Kantor Kementerian Agama Kab. Bogor, H.Enjat Munjiat, S.Ag, MH di dampingi oleh stafnya. Turut Hadir dalam acara tersebut seluruh pegawai KUA dan Pengawas Madrasah yang senantiasa ikut berpartisipasi aktif dalam berbagai kegiatan yang dilaksanakan KUA Ciawi.
Kepala KUA Kecamatan Ciawi, H.Roby Samsi, S.Ag, M.Pd menyatakan bahwa Kecamatan Ciawi merupakan kawasan perbatasan yang menjadi kawasan wisata penyangga Bogor. Di wilayah ini harmonisasi antar instansi terjalin dengan baik termasuk di dalamnya dengan KUA Ciawi senantiasa dijaga karena akan sangat berpengaruh terhadap pelayanan terbaik yang diinginkan. Belum lama jalinan kerjasama tersebut salah satunya dapat dilihat dari pelakanaan Itsbat Nikah 70 pasangan suami isteri yang bekerja sama dengan Kantor Kecamatan Ciawi dapat berjalan dengan lancar dan baik (berita terkait klik disini). Lebih lanjut kepala KUA memberikan paparan dan gambaran tentang Kondisi objektif kinerja yang telah dilakukan jajarannya baik internal maupun lintas sektoral, khususnya dalam memberikan pelayanan yang maksimal bagi masyarakat serta kegiatan-kegiatan lainnya. Beliau menegaskan bahwa akan terus berupaya profesional dan memberikan pelayanan secara optimal kepada masyarakat.
Kesan yang ditangkap dari Tim Visitasi, Alhamdulillah secara umum KUA Ciawi mampu melaksanaan fungsinya dengan baik yang didukung dengan sarana dan prasarana serta administrasi yang memadai terlebih tata letak ruangan, sanitasi, keasrian dan masalah kebersihan senantiasa terjaga dengan baik.
Pada akhirnya, siapapun pemenangnya tidak menjadi soal, karena esensi dari kegiatan pemilihan KUA Teladan ini adalah menjadikan KUA agar terus mengoptimalkan pelayanannya sehingga semua KUA menjadi KUA yang mampu melayani ummat dengan baik, semoga !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar